Pertanyaan tentang instrumen Samba telah menjadi konstan sejak kami mulai menulis tentang Karnaval Brasil. Saya kira ada daya tarik pada subjek, yang dapat dengan mudah dipahami. Ketika kita memikirkan orkestra atau band biasa, kita mungkin tahu di atas kepala kita beberapa instrumen seperti saksofon, klarinet, piano, dll. Kami telah mendengarkannya, mempelajarinya, melihat orang bermain sejak awal. tahapan kehidupan kita. Instrumen Samba, di sisi lain, sangat spesifik dan beberapa di antaranya hanya “ada” secara formal sejak 1950-an.

Alasan lain yang mungkin untuk keingintahuan ini mungkin karena fakta bahwa banyak instrumen tidak diindustrialisasi atau digunakan dalam skala besar di luar Brasil. Mereka benar-benar fenomena samba yang sangat baru, bisa dikatakan. Untuk alasan ini, kami menulis Produsen Alat Drumband Jogja dua bagian khusus pada seluruh instrumen samba yang digunakan di Karnaval Brasil; satu relatif terhadap apa yang kita sebut “Instrumen Samba Ringan” dan yang lainnya biasa disebut “Instrumen Samba Berat”. Seperti yang mungkin telah Anda baca, kebanyakan dari mereka memiliki akar Afrika dan perlahan-lahan disesuaikan dengan penggunaan sekolah samba. Pada halaman ini Anda akan meninjau grup instrumen samba berat. Mari kita lihat deskripsi mereka!

Surdo de Primeira (Surdo pertama):

Ini adalah surdo (bass drum) terbesar, yang memberikan marca suara ‘boom’ yang penting [ketukan kedua yang lebih kuat] ke samba, dasarnya. Surdo de Primeira bertanggung jawab atas ketukan utama, sehingga semua orang dapat berkonsentrasi. Para penyanyi dipandu oleh surdo ini agar tidak mempercepat atau memperlambat. Secara umum, ada surdo de primeira tepat di sebelah penyanyi utama sebagai panduan. Ini memiliki nada yang lebih tinggi, penyetelan yang lebih kuat daripada surdos de resposta (bass drum yang merespons, surdo kedua dan ketiga). Sebuah bateria besar memiliki dari 8, 10, atau lebih surdo besar.

Drum bass berkepala dua ini mungkin yang paling dikenal dari semua instrumen samba, dengan suara ‘malapetaka’ yang dalam memberikan ketukan mendasar dari ritme samba. Surdo dimainkan dengan palu berkepala lembut dan tangan kosong (untuk meredam kepala dan mengubah nada drum), atau dengan dua palu (seperti dalam samba reggae dan gaya lain dari timur laut Brasil). Kata surdo secara harfiah berarti ‘tuli’ dan itu adalah detak jantung dari bateria.

“Bum Bum Paticumbum Prugurundum” – nama tema-samba yang membuat Serrano juara pada tahun 1982 adalah ekspresi onomatopoeic yang digunakan oleh komposer samba besar Ismael Silva untuk menunjukkan bagaimana ketukan surdo seharusnya.

Surdo de segunda (Surdo kedua):

Ini adalah tanggapan terhadap surdo de primeira. Ini menopang ritme samba sementara surdo de primeira diam [dalam nilai nada yang sama], itu adalah tandingannya. Surdo de Segunda juga lebih kecil dan disetel lebih tinggi dari surdo primeiro. Surdo kedua dimainkan pada ketukan pertama samba, (downbeat) memberikan ketukan balik untuk surdo pertama. Secara fisik, itu adalah drum yang sama itu sendiri.

Surdo de Terceira (Surdo ketiga):

“Surdo de Terceira” berbunyi di antara dua lainnya (sedikit sebelum surdo de segunda). Ini memberikan ketajaman khusus pada irama, menembus kekakuan dari dua surdo lainnya, dan mengayunkan ritme. Ketukannya bervariasi di setiap sekolah samba, tetapi masing-masing memiliki caranya sendiri untuk menambahkan surdo ketiga, kadang-kadang disebut surdo de corte.

Bateria Mangueira tidak memiliki surdos de resposta (kedua atau ketiga). Itu hanya memiliki yang pertama dan surdo de corte tertentu, juga disebut surdo-mor, itu bukan respons yang tepat, tetapi mengayunkan yang pertama.

Caixa de Guerra (Snare drum perang):

Inilah yang memberi karakter pada samba. Caixa adalah drum tipe snare berkepala dua yang dimainkan dengan dua tongkat. Berbeda dengan snare drum, Caixa memiliki snare yang terdiri dari 2 atau 4 kabel/kabel di bagian atas kepala drum. Biasanya dimainkan dalam berbagai cara berbeda untuk menghasilkan ritme silang yang menarik di dalam bateria. Drum ini dapat dimainkan setinggi pusar, “em baixo” atau dipegang dengan satu tangan setinggi kepala, “em cima”. Mereka adalah apa yang saya sebut “prajurit” dari bagian drum samba! Jika Anda memiliki banyak, Bateria akan hidup.

Hanya melalui suara caixa Anda dapat benar-benar mengidentifikasi sekolah tertentu. Cara Anda memainkan caixa juga bervariasi dari satu sekolah ke sekolah lain: di beberapa sekolah, pemain meletakkan drum setinggi pinggang, bermain dengan dua tangan; yang lain menempatkan caixa lebih tinggi, menggunakan satu tangan sebagai penopang dan tangan lainnya bebas. Tarol adalah snare drum yang lebih kecil, dan suara serta ukurannya setara dengan yang disebut meia caixa [setengah snare].

balasan:

Repique adalah drum berukuran 12″ x 14. Dimainkan dengan satu tongkat dan tangan kosong, atau dengan dua tongkat plastik fleksibel, repique adalah drum kecil berkepala dua yang disetel sangat tinggi. Instrumen ini memimpin bateria, memberi isyarat istirahat dan isyarat internal, dan bermain solo improvisasi. Ini setara dengan tom-tom di drum kit non-Brasil atau drum tenor di marching band. Ini disetel sangat tinggi untuk menghasilkan nada yang menembus suara sisa bateria.

Definisi Instrumen Drum Samba Berat – Kekuatan dan Kekuatan

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *