Banyak orang di seluruh dunia membutuhkan semacam koreksi untuk penglihatan yang buruk. Selama bertahun-tahun, kacamata adalah salah satu dari sedikit harapan bagi orang-orang ini. Namun, seiring berjalannya waktu, teknologi berangsur-angsur maju. Lensa kacamata berangsur-angsur menjadi lebih tipis hingga terciptanya lensa kontak. Hari ini mereka menawarkan berbagai manfaat bagi mereka yang memakainya. Mereka bisa lebih menarik daripada kacamata. Mereka tidak berkabut dan tidak basah. Selain itu mereka menawarkan perlindungan UV selain kemampuan untuk mengubah warna mata.

Kontak pertama kali dipikirkan oleh Leonardo Da Vinci pada abad ke-16, tetapi tidak dikembangkan sampai sekitar tahun 1888. Yang pertama terbuat dari kaca tiup tetapi telah sangat meningkat sejak saat itu. Sekarang, mereka terbuat dari bahan lembut dan fleksibel yang memungkinkan oksigen melewatinya untuk menghidrasi mata dengan benar.

Selama bertahun-tahun, hanya mereka yang penglihatannya sedikit memburuk yang bisa memakainya. Mereka yang memiliki astigmatisme, Dilihat dari ortho K hiperopia, dan miopia tidak dapat memakai lensa kontak. Namun, dengan perkembangan dalam beberapa tahun terakhir, lensa toric tersedia bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan yang lebih lanjut. Ada juga kontak yang tersedia bagi mereka yang ingin memperbaiki kornea yang cacat secara fisik. Lensa kontak orthokeratology membentuk kembali kornea sepanjang malam sehingga tidak perlu memakainya di siang hari.

Kemajuan baru dalam teknologi juga telah menambahkan manfaat tambahan dari perlindungan UV. Ada dua kelas perlindungan UV. Kelas I melindungi hingga 90 persen sinar UV, sedangkan kelas II hanya melindungi hingga 75 persen. Namun, perlu dicatat bahwa karena lensa kontak tidak menutupi seluruh mata, kacamata hitam tetap disarankan untuk cakupan penuh.

Selama beberapa tahun, orang dapat mengubah warna mata mereka dengan bantuan kontak. Ada banyak varietas yang berbeda. Beberapa hanya meningkatkan warna mata alami sementara yang lain benar-benar mengubah penampilan mereka. Ada juga kontak efek khusus yang dapat memberikan tampilan mata kucing, api, pusaran, dll.

Karena begitu banyak orang memiliki preferensi berbeda terkait cara mereka memakai lensa kontak, ada beberapa pilihan yang tersedia. Beberapa dapat diubah harian, mingguan, dua mingguan, atau bahkan bulanan. Ada juga pilihan bagi orang-orang yang ingin meninggalkannya sepanjang hari dan sepanjang malam daripada mengeluarkannya di penghujung hari.

Ada begitu banyak varietas dan kemampuan yang berbeda sehingga hampir selalu ada kemungkinan bagi siapa saja untuk memakainya. Namun, penting untuk berbicara dengan profesional perawatan mata sebelum mencoba menggunakan lensa kontak.

 

Dunia Lensa Kontak yang Berkembang

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *